Keseruan Siswa TKJ SMK Widya Dharma Belajar Mikrokontroller di STTAR Malang


Untuk mengembangkan kompetensi siswa diluar kegiatan belajar pembelajaran, SMK Widya Dharma mengajak para siswa untuk mengikuti pelatihan Mikrokontroller yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Teknik Nusantara (STTAR Malang).

Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Bapak Darmawan mengajak siswa SMK Widya Dharma berkenalan dengan Arduino Uno yang merupakan salah satu Board Mikrokontroller yang sering digunakan. Setelah itu siswa juga belajar bagaimana memprograman Android Uno untuk dengan lampu LED.

Siswa SMK Widya Dharma belajar dasar Arduino Uno

Sesi kedua, Bapak Heri mengajak siswa SMK Widya Dharma lebih mengenal lebih dalam tentang Android Uno. Dalam materi ini siswa belajar bagaimana memrpogram Arduino Uno untuk berkomunikasi dengan sensor salah satunya sensor suhu dan ultrasonik.

Siswa SMK Widya Dharma belajar mengkomunikasan sensor dengan Arduino Uno

Setelah pelatihan ini tentu saja akan ditindak lanjuti oleh para Guru SMK Widya Dharma, tujuannya agar siswa dapat mempunyai nilai plus dalam hal pengembangan terkait teknologi khususnya Robotika dan Mikrokontroller.

Terimakasih kami ucapkan kepada Sekolah Tinggi Teknik Nusantara (STTAR Malang) yang telah menyambut kami dengan baik, serta bersedia berbagi ilmu dengan para siswa SMK Widya Dharma Turen.

Foto Bersama Pelatihan Mikrokontroller STTAR Malang

Komentar